Home DAERAH Sosok Inspiratif, Dari Guru Ngaji Jadi Perwira Polri

Sosok Inspiratif, Dari Guru Ngaji Jadi Perwira Polri

0
SHARE
Ipda Suharno, SH Perwira Lulusan SIP Angkatan 51 Tahun 2022

Sindoupdate.com, Bengkulu Selatan – Dialah Suharno, SH yang lebih di kenal akrab disapa Om Arno, dulunya hanyalah seorang Bintara Polisi berpangkat Bripka yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Manna, Polres Bengkulu Selatan, Polda Bengkulu.

Berangkat dari pengemban fungsi Bhabinkamtibmas, kemudian berinisiatif menjadi seorang Guru Ngaji anak-anak di salah satu desa binaannya, di Desa Padang Manis, Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Setelah beberapa bulan mengikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan Ke 51 Tahun 2022 Om Arno sekarang sudah di lantik menjadi Perwira Polri berpangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA), Senin (03/10/2022).

Buah dari kerja kerasnya sebagai Bhabinkamtibmas, Om Arno sering kali di ganjar berbagai macam penghargaan, diantaranya sebagai Bhabinkamtibmas terbaik di wilayahnya.

Sebelum menjadi Perwira Polri, Suharno atau om Arno ini merupakan sosok Polisi Desa yang di kenal baik dan ramah di kalangan masyarakat, termasuk Polisi yang berjiwa sosial tinggi.

Selain menjalankan tugasnya sebagai anggota Porli, Suharno juga menjadi seorang guru ngaji di Pondok ngaji Bhabinkamtibmas, yang mana pondok tersebut di bangun oleh Om Arno sendiri sewaktu dirinya menjadi Bhabinkamtibmas di Polsek Manna Polres Bengkulu Selatan.

Pondok itu di dirikan Suharno berawal dari keprihatinannya terhadap Pendidikan agama anak, terutama di kalangan remaja.

Hari ke hari waktu ke waktu, om Arno terus mendedikasikan dirinya menjadi seorang pengajar ngaji di kalangan anak-anak tanpa meminta bayaran apapun, bahkan dirinyalah yang sering membantu anak-anak santri Pondok Bhabinkamtibmas, dengan memberikan bantuan sekedarnya mulai dari alat tulis hingga buku pelajaran.

Pada masa Pandemi Covid-19, di mana larangan untuk berkumpul di berlakukan oleh Pemerintah, om Arno menjalankan tugasnya sebagai seorang guru ngaji dengan cara door to door (Dari rumah ke rumah) setiap rumah santri dirinya kunjungi demi untuk tetap mengajar ngaji anak-anak santri.

Tidak berhenti sampai di situ, pada saat dirinya (Suharno) di tugaskan oleh institusinya untuk mengawal keberhasilan dan menyukseskan program vaksinasi, om Arno selalu membuat ide-ide yang membuat sebagain masyarakat yang awalnya enggan untuk melakukan vaksinasi menjadi mau untuk divaksin.

Contohnya, om Arno pernah membuat ide menyiapkan hadiah untuk masyarakat berupa barang kelontongan, hadian itu di berikan kepada masyarakat yang mau melakukan vaksinasi, ide itu di jalankan om Arno di setiap desa binaannya, dan berjalan dengan sukses. Bahkan ia pernah pada satu hari antar jemput para lansia untuk bervaksin dengan cara menggendongnya.

Kepada media sindoupdate.com, dengan nada terharu sekaligus bangga bisa menjadi Perwira Polri, dirinya menyampaikan terimakasih kepada semua orang yang telah membantu dan mendo’akannya bisa menjadi seorang Perwira Polri.

“Saya sampaikan terimakasih kepada teman-teman yang selalu mendukung dan mendoakan saya, Alhamdulliah saya sekarang sudah menjadi Perwira, terimakasih untuk semuanya, do’akan saya agar menjadi Perwira Polri yang menjadi kebanggaan kelurga dan masyarakat,” ujar Ipda Suharno, SH.

Dalam kesempatan tersebut om Arno juga titip pesan kepada semua santri Pondok Ngaji Bhabinkamtibmas desa Padang Manis untuk selalu rajin belajar, dan selalu hormat kepada kedua orang tua.

“Saya berdo’a semoga kalian kelak nanti menjadi orang yang sukses, amin,” harap Om Suharno.

Diakhir wawancaranya dirinya mengungkapkan kerinduan dan rasa sayangnya kepada para santri Pondok Ngaji Bhabinkamtibmas binaannya. Dirinya sangat mengharapkan jika saja pimpinan berkenan untuk dapat kembali bertugas di Wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Kalau diijinkan kembali bertugas di Bengkulu Selatan, Insya Alloh saya akan tetap melanjutkan mengajar ngaji,” Ungkap Om Arno penuh harap. (thor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here